Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Melindungi Akun Instagram Selalu Aman dari Hacker | Pembajakan


Keamanan akun instagram adalah nomor satu, Instagram saat  ini sudah menjadi media sosial yang menjadi keharusan untuk dimiliki, entah itu dari usia anak-anak dan orang tua sekalipun.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai angka miliaran di seluruh dunia, namun janga sampai lupa bahwa seluruh media sosial pasti ada resiko masing-masing terhadap privasi dan keamanan.

Kebanyakan kasus yang ada dalah kemungkinan terjadi hal-halyang ngak diinginkan seperti kena hack, di jebol, dan lain-lain yang akan menyebabkan reputasi dari pemilik akun menjadi jelek.

Maka dari itu demi mencegah segala kemungkinanan tersebut, kita sebagai pengkonsumsi sosial media instagram harus tahu cara melindungi akun instagram, privasi, dan fitur-fitur lainnya dari segala hal yang tidak di inginkan di atas.

Penasaran?
Artikel Pilihan: Media sosial yang harus kalian kuasai di 2019

5 tips Melindungi akun instagram dari Hacker/Pembajakan 


1.Kunci Akun instagraam

Mungkin kebanyakan dari kalian ada yang ingin akunnya tidak ingin di-private agar mudah dilihat dan di kepoin.

Tapi jika kalian tidak ingin popularitas dari diri kalian terlihat, atau ingin menutupi privasi dari instagramnya, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Kalian bisa menggunakan dua cara berikut, Caranya sanga mudah.

Dari aplikasi Intagram:
Klik laman profil + geser ke arah kiri + pilih Settings + klik (Privacy and Security) +  pilih (Account Privacy) + aktifkan (Private Account) pilih on.

Dari Instagram Web
Klik laman profil + pilih ikon Settings di samping nama akun + pilih (Privacy and Security) + ceklis (Private Account)

Jika akun sudah di privasi, orang lain ngak akan bisa akses profilmu, hanya bisa follow doang, dan Anda juga bisa mengatur siapa saja yang ingin di terima ketika ada orang yang follow instagram anda.

2.Unfollow dan Blokir Akun Tidak Jelas

Kalau kalian merasa ada follower yang menyebalkan atau mengganggu kenyamanan anda, nggak usah pikir panjang langsung saja unfollow lalu blokir orang yang seperti itu.
Tenang saja, orang yang diblokir tadi tidak akan tau jika sudah di remove oleh Anda
Penasaran? Ini caranya.

Dari aplikasi:
Buka kolom Followers  + cari nama akun orang tadi + klik tiga titik di samping namanya tadi +  klik “Remove".

Dari web instagram:
Klik kolom Followers anda+ cari nama akun follower tersebut + klik profilnya + pilih “Block this user”.

Baca Juga: Sudah tau perbedaan Vivo v11 dengan vivo V11pro?

3. Aktifkan Autentikasi dua Faktor

Pastinya kamu tidak mau kan semisal ada orang yang mungkin minjem hp kamu lalu membuka intagram kamu dan ngutek-ngaik instagram kamu?

Atau ada orang yang sengaja membuka instagram kamu karna mengetahui pasword dan sandinya?  Teanang kamu tinggal aktifin autentikasi dua faktor.

Fitur ini bisa mengirimkan pesan SMS ke nomor dengan kode ferifikasi setiap kali kamu login ke Instagram di perangkat kamu ataupun perangkat baru.

Setiap kali kamu ingin login ke instagram maka dari pihak instagram akan mengirimkan kode ferifikasi pada kartu sim kamu, dengan begitu kamu bisa login ke profil instagram kamu sendiri.
Caranya:

Dari aplikasi
Pilih Settings + “Privacy and Security” + klik “Two-Factor Authentication” + “Get Started” + pilih “Text Message” agar kamu gak perlu unduh aplikasi otentikasi lain + masukkan nomor ponsel.

Dari web
Pilih ikon Settings + “Privacy and Security” + “Edit Two-Factor Authentication Setting” + aktifkan “Text Message”.

4. Sering cek Riwayat Aktivitas

Tidak hanya Google atau youtube yang memiliki fitur cek riwayat aktifitas, kamu juga bisa lihat riwayat aktivitas di Instagram.

Tujuannya adalah, untuk memastikan gak ada orang lain yang membuka atau kepoin profil kamu ketika megang akunmu.

Oh iya instagram punya fitur yang bisa memperlihatkan riwayat log-in, log-out, berubahnya password, Dsb.
Caranya adalah:

Dari aplikasi:
Pilih Settings + “Privacy and Security” + Access Data”

Dari Web:
Klik ikon Settings + “Privacy and Security” + klik “View Account Data”.
Dari fitur ini kamu bisa cek riwayat yang baru-baru terjadi, silahkan cek satu-persatu untuk melihat lebih detail apa yang sudah dilakukan oleh seseorang mungkin, atau kamu sendiri.

5. Blokir Akses Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang meminta akses ke data Instagram kamu, contohnya aplikasi yang menawarkan jadwal postingan Instagram, cara menambah followers, like mungkin.

Maka dari itu sebelum setuju dengan kebijakan mereka, kamu pikirkan terlebih dahulu semakin banyak aplikasi pihak ketiga masuk data pribadi instagram kamu, semakin rentan untuk membobol akun instagram kamu.

Yang pasti kamu tidak iingin kan hal seperti iitu terjadi? Dengan ini kamu mengurangi atau mencabut akses dari aplikasi yang sudah terlanjur tersambung dengan akun Instagram kamu, dengan membuka profil instagra di laman web:

Caranya:

Klik profil kamu + klik ikon Settings + klik “Authorized Apps” + pilih tombol “Revoke Access” di aplikasi manapun yang ingin kamu cabut aksesnya + pilih “Yes".

Artikel dari penulis: BRI luncurkan aplikasi baru 2019

Teruslah pantau info-info menarik lainnya yang ada di blog ini semoga berhasil dan sukses selalu.

Akhir Kata

Itulah ulasan atau artikel dari saya mengenai "Membuat Presentasi Dengan 3 Cara Hebat Ala Blog Strategi + Manajemen"

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. apabila ada kesamaan kata/kaliamat dengan artikel lain mohon di maafkan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan, kritik ataupun saran mengenai artikel ini atau kepada saya silahkan hubungi saya melalui halaman Contact Me atau dengan menyisipkan komentar dibawah postingan ini

Terima kasih-Selamat berkarya
_akudc | Blogger Situbondo
_akudc | Blogger Situbondo Jika saya seorang penulis, saya akan memiliki kutipan bio yang lebih baik. Enjoy!