Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara cek Optimasi Loading Blog dan Website Apakah Sudah HTTP2

AKUDC, Halo semuanya pernah nggak sih kalian merasa loading website/blog kalian itu lama banget,?
Pengen tahu kenapa loading blog kalian lemot?

Nah mungkin, di website/blog kalian masih menggunakan http 1, tidak dengan http2.

Yang mana pada zaman sekarang website banyak menggunakan Http 2 dan tidak jaman lagi sudah menggunakan http1 pada blog/web kita karna untuk kebaikan blog kita di mata pengunjung atau pembaca di blog kita, benar tidak?


Sebelum kalian lanjut Apa sih http2 itu?


Http 2 adalah singkatan dari hypertext transfer Protocol dan sebagai standar protokol, yang mana http2 ini ialah protokol website generasi terbaru yang baru saja diluncurkan oleh EITF.
Dan kegunaannya adalah memperbaiki loading webset/blog yang masih menggunakan http 1 dan membuat loading website menjadi lebih cepat dan juga aman tentunya.
Oh iya teknologi website sudah berkembang selama kurang lebih 25 tahun loh, dengan adanya CSS, JavaScript, dan video. sehingga membuat tampilan website/blog kalian menjadi lebi menarik, enak di lihat mata dan juga interaktif.

Dan, https1 yang masih sering di gunakan sekarang ini dirilis pada 1999, wah sudah ketinggalan jaman dong menggunakan ini http, hehehehe!!

Jadi Apa sih perbedaan http 1 dengan http 2?

1. HTTP/2

kompatibel dengan HTTP1.1 dan menggunakan sebagian besar teknologi yang sama, tetapi lebih efisien dan memungkinkan server untuk merespon dengan lebih banyak konten daripada yang diminta, 

menghilangkan kebutuhan komputer pengguna terus mengirim permintaan informasi lebih lanjut sampai situs benar-benar ditampilkan.

2, HTTP/1.1 
menggunakan hanya 1 koneksi untuk tiap object di webserver yang mau ditampilkan di browser.
Sehingga ketika satu halaman web berisi 100 object (html, images, css, javascript),

dibutuhkan 2 x 100 kali koneksi utk request data dan menunggu response dari webserver. Kalau webserver terlambat memproses salah satu request maka semua request berikutnya akan tertunda dan terjadi bottleneck.

HTTP/2 menggunakan teknologi “multiplexing” sehingga dalam 1 koneksi dari browser bisa request dan download beberapa object sekaligus secara paralel (multi-threading).
8 Tips Cepat Lolos Review Google Adsense Kurang dari 1 Bulan
Jadi di sini kalian bisa menarik kesimpulan bahwasanya

httt2 ini membuat loading menjadi lebih cepat yang mana sudah menggunakan teknologi multiplexing konferensi header compression kompresi header dan juga server push bus 
menghemat penggunaan resources di server dan client.

Koneksi https berjalan lebih cepat dan juga aman berkat teknologi kompresi dan yang lebih efisien 

Memberikan kontrol lebih besar kepada developer aplikasi mengatur prioritas urutan objek yang mau di upload lebih dulu 

Bagaimana teman-teman keren banget kan ?

Nah saya akan kasik tau bagaimna ceknya

Cara cek Optimasi loading website dengan http2

Disini untuk tahu apakah website kamu sudah didukung http2 apa tidak DC akan memberikan caranya, 
bisa langsung cek di https://tools.keycdn.com/ Kalian ketik http2 test 

Langsung cek dan dilihat di websitenya di header kanan atas "Http2 Test" di sana kalian tinggal ketikan url website kalian atau blok kalian mana yang akan kalian ucapkan itu sudah mengandung http2 apa Mas sih http1 langsung saja Klik tombol test 

Jika sudah tunggu proses sampai selesai apabila kamu sudah TTP 2 maka tampilannya akan seperti ini 




Jika sudah selesai berbahagia lah apabila web kalian sudah http2, namun apabila http kalian masih menggunakan http 1 saya anjurkan menggunakan http 2. 

Dengan rekomendasi template viomagz dan bisa langsung kalian download di Google banyak, dan jika kaian ingin membelinya silahkan ke blog mas agung agung.id.

Akhir Kata

Itulah artikel mengenai  Optimasi loading website dengan http2

Perlu anda Ketahui bahwa artikel yang saya buat  ini adalah artikel hasil revisi saya dari berbagai sumber, jika ada kesamaan kata dengan artikel lainnya mohon dimaafkan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

apabila kalian ada pertanyaan, kritik, unek-unek ataupun saran mengenai artikel ini silahkan hubungi saya melalui halaman contact me atau dengan memberi komentar dibawah ini.

Selamat berkarya
AKUDC,
_akudc | Blogger Situbondo
_akudc | Blogger Situbondo Jika saya seorang penulis, saya akan memiliki kutipan bio yang lebih baik. Enjoy!