Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat dan Memasang Favicon pada Blog | Blogspot

Membuat-dan-Memasang-Favicon-blog

Salah satu blog yang menurut saya baik dan dapat di nilai serius adalah dengan memberikan favicon pada blognya, namun sebelum ke bembahasan, ada baik Anda ketahui dulu apa itu favicon? dan apa fungsinya untuk blog kita?

Apa itu Favicon dan fungsinya? 

Favicon atau kependekan dari Favorit Icon, adalah gambar visual yang berbentuk ikon yang berfungsi sebagai identitas suatu blog atau website, yang biasanya terletak pada bilah tab atau bokmark brwser.

sebagai contoh cobak Anda perhatikan gambar di bawah, AkuDc Blog memiliki Favicon yang berbentuk huruf  "D", yang itu tandanya blog saya sudah di di buatkan ikon.

Membuat-dan-Memasang-Favicon-blog

Kebanyakan blog dan website yang memiliki favicon adalah blog-blog yang serius, dan juga profesional. 
karna itulah apabila blog yang anda miliki belom terpasang ikon sebaiknya di buatkan terlebih dahulu, 

Cara Membuat Favicon | Icon Blog

Bagaimana cara membuat favicon/icon blog secara online mas? apakah bisa?, bisa dong!. Namun perlu Anda perhatikan bahwa, Favicon memiliki ukuran tertentu agar dapat terlihat dengan jelas oleh kita dan juga dapat terbaca oleh browser dengan tepat.

Dan idealnya favicon yang seharusnya di buat menggunakan gambar persegi dengan rasio 16 X 16 pixel, jangan lewatkan bahwa file gambar di haruskan ber-format file .ico agar dapat terbaca oleh browser. 

Apabila sudah memiliki gambar yang akan di jadikan favicon blog atau website Anda, tapi tidak sesuai dengan ukuran favicon pada idealnya, tenang Saya ada solusi bagi Anda yang kesulitan membuat favicon, dan ini gratis yang bisa Anda buat secara online.

Terdapat banyak situs penyedia favicon generator yang bisa membantu Anda untuk mengubah gambar yang kalian miliki menjadi gambar persegi dan formatnya menjadi .ico.
Baca Juga: Manfaat blogger bagi Kita dan Orang lain

Berikut Favicon generator yang bisa Anda manfaatkan: 
Sebagai contoh saya akan membuatkan tutorial bagaimana membuat favicon secara online silahkan kunjungi di favicon.cc lalu klik Import Image.

Membuat-dan-Memasang-Favicon-blog

Selanjutnya Anda akan di arahkan ke tampilan berbeda seperti di bawah lalu Uploud gambar yang sudah anda siapkan untuk di jadikan favicon dengan cara Chooise file > Shrink to square icon > klik Upload.

Membuat-dan-Memasang-Favicon-blog

Terahir anda tinggal men-download icon yang sudah anda buat tadi, caranya seperti gambar di bawah:

Membuat-dan-Memasang-Favicon-blog

Jika cara di atas sudah Anda lakukan dengan benar maka sekarang tinggal cara memasang favicon pada blog Anda.
Artikel pilihan: Cara Mendapatkan Sitelink/Tautan situs dari Google Dengan Cepat dan Benar

Cara memasang Favicon di blog | Blogspot

Memasang dan membuat Favicon sangatlah mudah, silahkan perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Anda diharapkan login ke blogger dahulu lalu pilih blog yang akan Anda pasangkan ikon (favicon) >> Tataletak >> Favicon klik edit  >> Choose file "Uploud gambar yang sudah Anda buat" >> Simpan >> Selesai.

Biasanya setelah Anda selesai mengganti favicon blog Anda, maka tidak akan langsung muncul di browser dan biasanya beberapa menit atau bisa sampai berjam-jam. 

Sangat gampang bukan membuat Favicon atau ikon blog,? Anda sekarang bisa menilai sendiri bagaimana blog-blog yang memiliki favicon akan terlihat lebih serius dan frofesional.

Mungkin sampai di sini dulu artikel kali ini semoga bermanfaat. Teruslah pantau info-info menarik lainnya yang ada di blog ini, 

Artikel Rekomendasi: 



Akhir Kata

Itulah artikel dari saya mengenai "Cara Mudah Membuat dan Memasang Favicon pada Blog | Blogspot"

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. apabila ada kesamaan kata/kaliamat dengan artikel lain mohon di maafkan. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan, kritik ataupun saran mengenai artikel ini atau kepada Saya silahkan hubungi melalui halaman Kontak atau dengan menyisipkan komentar dibawah postingan ini

Terima kasih-Selamat berkarya.
_akudc | Blogger Situbondo
_akudc | Blogger Situbondo Jika saya seorang penulis, saya akan memiliki kutipan bio yang lebih baik. Enjoy!