Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Cara Membuat Sitemap Blogger yang Bagus dan SEO

Cara buat sitemap yang SEO

Salah satu syarat Blog yang di sukai oleh google/webmaster  adalah dengan melengkapi menu-menu seperti Abaut, Kontak, Dislaimer, dan juga Sitemap yang akan saya buatkan tutorial di artikel kali ini.

Cara membuat sitemap blogger sebanrnya sangatlah mudah, di tutoril/cara kali ini saya akan memberikan tatacaranya kepada kalian yang lagi bingung mau buat Sitemap/Daftar isi  di Blogger secara lengkap. Sebelum ke pembahasan kalian wajib tau apa itu sitemap dan apa fungsinya?

Pembahasan


Apa itu Sitemap, peta situs, atau juga Daftar isi?

Peta situs adalah daftar/isi dari semua postingan blog yang berupa link menuju ke artikel dan sangat berguna karna akan memberikan informasi sebuah halaman Blog, video, dan file lainnya di Blog Anda, mesin telusur seperti Google, membaca peta situs Anda untuk di crawl dengan lebih efektif.

Juga memberikan informasi berharga tentang file tersebut: misalnya, untuk halaman, kapan terakhir di update, seberapa sering blog itu diubah, dan apa saja isi dari blog tersebut.

Kalian dapat menggunakan peta situs untuk memberikan informasi tentang jenis konten tertentu di halaman, termasuk konten video dan gambar.

Setelah poin pertama di atas, poin keduanya adalah:

Apa fungsi dari Sitemap?

Jika halaman situs ditautkan dengan benar dan efektif, perayapan google search console akan selalu dapat menemukan sebagian besar blog Kalian.

Dan peta situs dapat meningkatkan perayapan Google Console, terutama jika situs memenuhi salah satu kriteria berikut:
  • Blog kalian benar-benar besar. Akibatnya, semakin besar kemungkinan perayap web Google melewatkan merayapi beberapa halaman yang baru saja diperbarui atau baru.
  • Blog kalian berisi arsip halaman konten yang besar yang terisolasi atau tidak ditautkan satu sama lain dengan baik. Jika halaman situs satu sama lain tidak merujuk secara alami, Anda dapat mencantumkannya di peta situs untuk memastikan bahwa Google tidak melewatkan beberapa halaman Anda.
  • Blog kalian masih baru dan memiliki beberapa tautan eksternal yang mengarah ke situs tersebut. Googlebot dan perayap web lainnya merayapi web dengan mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Akibatnya, Google mungkin tidak menemukan halaman Anda jika tidak ada situs lain yang menaut ke halaman tersebut.
  • Blog kalian menggunakan konten media yang kaya, ditampilkan di Google Berita, atau menggunakan anotasi lain yang kompatibel dengan peta situs. Google dapat mengambil informasi tambahan dari peta situs untuk membantu dalam penelusuran, jika sesuai. Sumber(support.google.com)

Anda bisa lihat sitemap seperti ini contohnya:

Example 1:

Cara-buat-sitemap

Jika sudah paham, langsung pembahasan

Cara Membuat Sitemap Bagus dan Disukai Google Webmaster Terbaru

Pertama: 
Yang harus dlakukan adalah Login ke dasbord Blogger kalian, Lalu pilih "Halaman" Lalu "Halaman baru"


Example 2:

Cara buat sitemap SEO


Kedua:

Berikan Judul pada halaman baru dengan judul "Sitemap/Dafatr isi/Peta Situs" dan beralih ke "XML" Apabila masih ingin di berikan kata pengantar seperti Sitemap Blog AKUDC Silahkan atau bisa Kalian tiru sesuai dengan Sitemap Blog saya Seperti di bawah:

Example 3:

Cara buat sitemap SEO


Ketiga:
Silahkan tempelkan Kode di bawah Pada mode "XML" Atau ikuti contoh berikut Samakan dan sesuaikan
<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.blogkalian.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
Penting: Jangan lupa Kode yang bertanda merah di ganti dengan Url blog anda.

Example 4:
Cara buat sitemap SEO

Apabila sudah selesai jangan lupa Beriakan deskripsi pada sitemap yang sudah anda buat lalu
klik Publikasikan, Jadinya akan seperti Example 1 di atas.

Bagaimana ? sangat gampang bukan membuat sitemap/peta situs pada blog, Nah bagi kalian yang  menggunakan wordpres tatacaranya sama tinggal masukan kode di atas pada halaman yang ingin di buat, Selesai..!!

Akhir Kata

Itulah artikel mengenai "Cara Membuat Sitemap Bagus Terbaru"

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Kalian semua. Apabila ada kesamaan kata/kaliamat dengan
artikel lain mohon di maafkan. 

Jika sebagian dari Kalian memiliki pertanyaan, kritik ataupun saran mengenai artikel ini dan kepada BANGDC silahkan hubungi saya melalui halaman Contact Me atau dengan menyisipka komentar Dibawah postingan ini

_akudc | Blogger Situbondo
_akudc | Blogger Situbondo Jika saya seorang penulis, saya akan memiliki kutipan bio yang lebih baik. Enjoy!