Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Lengkap Cara Kerja Mesin Penelusuran Google

cara kerja mesin pencari google

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Mesin Pencarian Google?, Sudah tau bagaimana Google menampilakn hasil dari apa yang biasanya Anda cari di pencarian?.

sebenarnya Google telah menjelaskan dalam pedomannya sendiri tentang bagaimana Cara Kerja Google Penelusuran? bagaimana Google mendapatkan informasi sebuah halaman? dan bagaimana Google menampilkan hasil dari apa yang kita cari?.

Namun terkadang apa yang Kita baca di pedomannya tersebut tidak bisa di pahami karna bahasanya yang mungkin sulit untuk di pahami manusia.

oleh karna itu di artikel kali ini Saya akan menjelaskan dengan bahasa sehari-hari yang sering Anda gunakan, dan semoga membuat Anda (pembaca) dapat memahami tentang apa yang saya jelaskan tentang "cara kerja mesin penelusur google"

Cara Kerja Mesin Pencarian/Penelusuran Google

Google akan menyajikan sebuah halaman yang kita cari melalui 3 metode dasar atau fitur-fitur yang disajikan penelusur google di antaranya yaitu; 
  1. mengcrawl situs
  2. mengindeks
  3. dan pemberian peringkat situs/ranking pada situs

Google menggunakan 3 metode tersebut untuk memunculkan halaman yang Anda cari di mesin pencarian atau yang Anda buat di Blog, YouTube, Website dan Media Sosial yang Kita miliki, sehingga dapat terbaca di mesin telusur google
Penting!! Google tidak dapat di sogok atapun di bayar untuk meng-crawl situs tertentu secara lebih sering, atau memberinya peringkat lebih tinggi. Jika Anda mendapatkan informasi sebaliknya, artinya informasi tersebut tidak benar. (Google)
Dari pada panjang lebar berikut proses sebenarnya berlangsungnya mesin penelusur.

1. Crawling

Tahap  ini Google akan mencari/menelusuri sebuah halaman yang ada di internet secara terus menerus dan akan memasukanya ke daftar halaman, metode ini yang di sebut crawling/proses mengcrawl.

Google juga akan mengunjungi halaman yang sudah ada sebelumnya di internet, dan menelusuri halaman tersebut apakah ada halaman baru di dalamnya, 

selain itu Google akan menelusuri sebuah halaman apabila pemilik situs/halaman mengirimkan daftar halaman baru (Peta Situs) untuk di crawl, sehingga google akan mengetahui bahwa ada halaman yang baru Anda buat ataupun di perbaharui.

Google juga menyarankan tips-tips terbaik bagaimana proses crawling pada situs bisa di crawl dengan sempurna.

Cara yang Sempurna meng-crawling situs Halaman

  • Apabila hanya ada satu halaman baru sebaiknya menggunakan Inspeksi URL yang ada pada "Google Search Console" Anda.
  • Masukan halaman yang baru Anda buat/diperbarui ke halaman yang sebelumnya sudah di crawl atau sudah ada di internet, misalkan (Internal Link)
  • Jika cara di atas menurut Anda kelama-an, bisa memakai cara ini, Anda hanya mensubmit URL yang menurut Anda sangat penting, ke Inspeksi URL tepatnya pad Google search consle                Contoh: ( Halaman beranda situs.)

Namun perlu Anda ingat bahwa: halaman yang menurut Anda sangat penting tadi, pastikan memilki menu navigasi yang jelas yang berisikan segala halaman yang telah anda buat, sehingga memudahkan Google untuk mengcrawl situs Anda.

2. Pengindeksan

Setelah proses Crawling selesai maka Google akan mempelajari dan memahami seluruh isi dari situs Anda, metode inilah yang di sebut Pengindeksan dan biasanya komponen yang google analisa pada situs Anda berupa konten, gambar, file, maupun vidio yang ada pada situs Anda seluruhnya.

Sama halnya dengan proses crawling di atas, google juga menyarankan proses pengindeksan yang menurutnya sempurna sebagai berikut:

Cara yang Sempurna pengindeksan sebuah Situs Halaman

  • Usahakan judul pada situs halaman Anda pendek dan menyampaikan subjek pada halaman
  • Menggunakan teks di setiap halaman, Google lebih memahami halaman yang berisikan teks dari pada gambar dan vidio, kalaupun mau di sisipkan gambar atau vidio usahakan berikan teks alternatif yang menjelaskan gambar dan vidio tersebut.

Setiap halaman yang ada di se-antero inernet pasti akan di berlakukan dengan cara di atas oleh google, jadi tidak ada cara khusus apalagi di bayar seperti keterangan yang Saya jelaskan di atas.
Artikel pilihan: Cara Mendapatkan Sitelink/Tautan situs dari Google Dengan Cepat dan Benar

3. Menayangkan dan Memberikan Peringkat

Setelah saya terangkan tentang cara kerja mesin pencarian google secara umum, pada tahap ini maka yang menentukan berhasil tidaknya proses di atas adalah Anda selaku pemilik halaman,

kenapa begitu? Google menyaranan agar konten yang Anda sajikan informatif, jelas, berkualitas, dan sesuai dengan apa yang di cari oleh pengguna(pembaca) dengan mengetikan kueri di pencarian google.

Artinya: Anda di haruskan memberikan konten yang kualitasnya tinggi, dan terbaik, sehingga konten yang Anda buat dapat menjawab apa yang di tanyakan atau di cari oleh pengguna di mesin telusur Google. 

penting bahwa Anda perlu menerapkan tahapan pada blog atau website anda seperti di bawah ini:
  • Situs Anda wajib mobile frendly dan Loadingnya di percepat
  • Buatlah konten yang informatif dan usahakan tetap relevan di masa mendatang "itu penting"
  • Selalu ikuti pedoman Web master google untuk berlangsungnya situs Anda dan kenyamnan pengguna.
  • Terapkan SEO pada blog atau website anda, ini wajib bagi Anda.

Artikel terkait:

Teruslah pantau info-info menarik lainnya yang ada di blog ini,

Akhir Kata

Itulah ulasan atau artikel dari saya mengenai "Penjelasan Cara Kerja Mesin Penelusuran Google Terlengkap"

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. apabila ada kesamaan kata/kaliamat dengan artikel lain mohon di maafkan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan, kritik ataupun saran mengenai artikel ini atau kepada Saya silahkan hubungi melalui halaman Kontak atau dengan menyisipkan komentar dibawah postingan ini

Terima kasih-Selamat berkarya
_akudc | Blogger Situbondo
_akudc | Blogger Situbondo Jika saya seorang penulis, saya akan memiliki kutipan bio yang lebih baik. Enjoy!